Mengenal Kopi Decaf yang Diklaim Lebih Sehat dari Kopi Biasa
Info Kopi

Mengenal Kopi Decaf yang Diklaim Lebih Sehat dari Kopi Biasa

Kopi adalah minuman yang disukai oleh kebanyakan orang. Selain itu, kopi juga merupakan minuman andalan yang dikonsumsi untuk menghindari rasa kantuk. Sayangnya, beberapa orang mungkin tidak kuat dengan kafein yang terdapat di kopi biasa. Kopi decaf disebut-sebut bisa menjadi alternatif kopi biasa untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang tidak kuat dengan kafein.

Lantas, apa itu kopi decaf? Simak penjelasannya di bawah ini!

Mengenal kopi decaf, kopi tanpa kafein?

Mengenal kopi decaf/unsplash.com© Disediakan oleh Beautynesia Mengenal kopi decaf/unsplash.comMengenal kopi decaf/unsplash.com

Decaffeinated coffee atau bisa disebut kopi dekaf merupakan kopi dengan kadar kafein yang rendah. Untuk kafein yang masih terkandung tidak diketahui secara pasti berapa persen, namun kadar kafein yang dapat dihilangkan di kopi dekaf ini diperkirakan bisa mencapai 97%. Jadi, kopi dekaf bukan kopi yang sama sekali tidak terdapat kafein, namun hanya kadar kafeinnya saja yang sangat rendah.

Pembuatan kopi decaf

Pembuatan kopi decaf/unsplash.com© Disediakan oleh Beautynesia Pembuatan kopi decaf/unsplash.comPembuatan kopi decaf/unsplash.com

Mengutip dari PubMed, pengurangan kafein pada kopi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu dengan menggunakan air, pelarut organik, atau karbon dioksida. Biasanya, ekstraksi kafein dilakukan dengan cara biji kopi dicuci dalam air atau bahan pelarut lainnya hingga kafein dapat terekstraksi dari biji kopi tersebut. Setelah itu, pelarut yang telah digunakan dibuang. Walaupun terdengar mudah, namun sebenarnya prosesnya cukup agak sulit.

Sehingga, pembuatan biji kopi decaf ini sebaiknya dilakukan oleh ahlinya. Hal ini dimaksudkan agar kafein dapat diekstraksi dengan baik dan kandungan gizi pada biji kopi decaf tidak akan jauh berbeda dengan kopi biasa.

Keunggulan kopi decaf

Keunggulan kopi decaf/freepik.com© Disediakan oleh Beautynesia Keunggulan kopi decaf/freepik.comKeunggulan kopi decaf/freepik.com

Karena kadar kafeinnya yang sangat rendah, kopi ini dapat diminum oleh orang-orang yang sering memiliki keluhan dengan kafein, seperti orang yang memiliki masalah lambung, orang yang detak jantungnya terasa lebih cepat setiap kali meminum kopi biasa, dan bahkan ibu hamil. Namun, untuk ibu hamil harus dipastikan bahwa proses dekafeinasi kopi tersebut dibuat dengan bahan dan proses yang alami. Kopi decaf juga dapat dikonsumsi bagi orang-orang yang sedang melaksanakan program diet.

Selain itu, kopi decaf diklaim dapat diminum malam hari karena kandungannya tidak akan terlalu kuat untuk menahan rasa kantuk.

Sisi buruk kopi dekaf

Sisi buruk kopi decaf/freepik.com© Disediakan oleh Beautynesia Sisi buruk kopi decaf/freepik.comSisi buruk kopi decaf/freepik.com

Walau memiliki beberapa kelebihan dibandingkan kopi biasa, dalam jangka panjang, kopi decaf juga memiliki efek yang kurang baik untuk kesehatan karena proses ekstraksi kafeinnya yang lebih sering menggunakan bahan kimiawi. Selain itu, gizi-gizi yang terkandung pun dapat berkurang. Mengutip dari eatthis.com, hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit seperti penyakit liver, penyakit jantung, kolesterol, atau diabetes.

Meskipun kopi decaf akhir-akhir ini cukup populer di beberapa negara, sayangnya di Indonesia sendiri kopi decaf masih sulit ditemukan di supermarket, restoran, atau bahkan di cafe terdekat. Jika ingin mencobanya, kopi decaf dapat dibeli di e-commerce yang tersedia.

sumber: beautynesia.com

ferryssn
Author: ferryssn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *